Ditelantarkan Pemkab Belu, Kemenpar Beri Anggaran untuk Kelanjutan Pembangunan Patung Bunda Maria

- Sabtu, 29 April 2023 | 11:53 WIB
Patung Bunda Maria di Teluk Gurita yang selama ini ditelantarkan Pemkab Belu kini mendapat dukungan anggaran dari Kementerian Pariwisata (Dirga J/Nusra Inside)
Patung Bunda Maria di Teluk Gurita yang selama ini ditelantarkan Pemkab Belu kini mendapat dukungan anggaran dari Kementerian Pariwisata (Dirga J/Nusra Inside)

NusraInside – Nasib pembangunana Patung Bunda Maria di Teluk Gurita desa Dualaus kecamatan Kakuluk Mesak kabupaten Belu sempat mangkarak dan ditelantarkan sejak era kepemimpinan Bupati Belu Agustinus Taolin dan Wakil Bupati Aloysius Haleserens.

Karena dibiarkan mangkrak oleh Pemerintah Daerah kabupaten (Pemkab) Belu, kini nasib pembangunan patung yang mangkrak tersebut segera dilanjutkan setelah pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata memberikan dukungan anggaran.

Kepada NusraInside ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD kabupaten Belu, Fransiskus Xavier Saka, menyampaikan bahwa seharusnya pembangunan dan penataan taman di lokasi Patung Bunda Maria sudah rampung.

Baca Juga: Tak Puas Dengan Putusan PPD Fatunisuan, Yustianus Datangi Dinas PMD TTU

Sayangnya, di era kemepimpinan Bupati Agustinus Taolin dan Wakil Bupati Aloysius Haleserens yang dikenal dengan sebutan AT-AHS ini mencoret anggaran tahap tiga lanjutan pembangunan Patung Bunda Maria di Teluk Gurita lalu anggarannya direfocusing dan peruntukannya tidak diketahui.

Tidak hanya mencoret anggaran anggaran sebesar 3,6 miliar, Fransiskus mengatakan bahwa disinyalir kuat, Bupati Belu Agustinus Taolin juga menolak dana hibah yang hendak diberikan Wakil Gubernur NTT Yosef Nae Soi untuk kelanjutan pembangunan Patung Bunda Maria saat Wagub NTT berkunjung ke Patung Bunda Maria beberapa waktu lalu.

“Saya atas nama masyarakat mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata yang telah dengan hati memberikan anggaran untuk melanjutkan pembangunan Patung Bunda Maria yang selama ini ditelantarkan pemerintah daerah dimana anggaran lanjutan pembangunan patung senilai 3,6 miliar juga dicoert oleh Bupati Belu dan setelah itu Patung itu dibiarkan saja mangkrak, jadi sekali lagi terima kasih kepada Kementerian Pariwisata,” ujar Apin Saka kepada awak media ini, Jumat 28 April 2023.

Baca Juga: Desa Taaba Salurkan BLT Triwulan Pertama,  Kades: Gunakan Untuk Kebutuhan Bukan Keinginan

Menurut Fransiskus, kejelian dan kemauan Kementerian Pariwisata untuk memberi dukungan anggaran kelanjutan pembangunan Patung Bunda Maria dikarenakan Patung Bunda Maria akan menjadi destinasi wisata rohani yang sangat memikat, tidak hanya wisatawan dalam negeri tetapi juga wisatawan luar negeri.

“Pemkab Belu memang sudah tidak ada niat untuk melanjutkan pembangunan Patung Bunda Maria itu. Bunktinya membatalkan tender pembangunan tahap tiga dengan besar 3,6 miliar,” ujar Fransiskus.

Pemkab Belu, kata Fransuskus, selalu beralasan menunggu hasil audit BPK. Nyata sudah dua tahun BPK melakukan audit, tetapi alasan pemerintah dalam sidang dewan selalu sama sehingga pemerintah enggan melanjutkan pembangunan patung tersebut.

Baca Juga: Surat Terbuka Tokoh Masyarakat ke Kadis Pendidikan NTT Beberkan Data Dugaan Pungli Kepsek SMAN Oenopu

Karena itu, Fransiskus berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah memberikan dukungan anggaran untuk kelanjutan pembangunan patung. Menurut Fransiskus, sikap dan kebijakan Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata ini merupakan tamparan kepada Pekab Belu yang selama ini membiarkan Patung Bunda Maria mangkrak tak terurus. Harusnya kata Fransiskus, Pemkab Belu tetap berupaya untuk melanjutkan pembangunan Patung tersebut dan akan lebih baik bilama mendapat dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat. Bukan malah membiarkan jadi mangkrak.

Sebelumnya, mengutip You Tube NTT Bisa Maju, Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Belu Januaria Nona Alo menyampaikan bahan ini Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata memberikan dukungan anggaran untuk Pemkab Belu guna melanjutkan pembangunan Patung Bunda Maria

Halaman:

Editor: Marselinus Manek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X